Bendung Gerak Waru Turi


Bendung Gerak Waru Turi

Deretan pintu air utama pada Bendung Gerak Waru Turi sepanjang 159 m ini digunakan sebagai pengendali air Kali Brantas untuk keperluan irigasi dan kemudian juga dimanfaatkan untuk taman wisata.
Bendung Gerak Waru Turi
Memancing tampaknya merupakan salah satu kegiatan yang populer di bantaran Kali Brantas, di sekitar Bendung Gerak Waru Turi ini.
Bendung Gerak Waru Turi
Seorang pria tengah memancing dengan berendam kaki di aliran Kali Brantas, di bawah Bendung Gerak Waru Turi. Batu tempatnya bersandar tampaknya tidak cukup nyaman sebagai tempat duduk selagi menunggu umpan di mata kailnya disambar oleh ikan yang lapar.
Bendung Gerak Waru Turi
Deretan pos-pos pengendali pintu air Bendung Gerak Waru Turi. Bendung Gerak Waru Turi ini dibangun untuk menggantikan fungsi bendung Mrican lama yang mengairi Warujayeng, dan bendung Turi lama yang mengairi Turi Tunggorono. Bendung Gerak Waru Turi juga memasok tambahan air untuk daerah Papar Peterongan.
Bendung Gerak Waru Turi
Bagian belakang Bendung Gerak Waru Turi. Alir air Kali Brantas terlihat tenang karena geraknya tertahan oleh Bendung Gerak Waru Turi.
Bendung Gerak Waru Turi
Salah satu dari dua pintu air samping Bendung Gerak Waru Turi yang mengatur aliran air Kali Brantas ke saluran irigasi yang berada sebelah kanan. Satu pintu air lagi ada di sebelah kiri Bendung Gerak Waru Turi.
Bendung Gerak Waru Turi
Pintu air samping Bendung Gerak Waru Turi yang satunya lagi tampak di ujung sebelah kiri Bendung Gerak Waru Turi.
Bendung Gerak Waru Turi
Jalan aspal yang melintas Bendung Gerak Waru Turi. Di lokasi Bendung Gerak Waru Turi juga terdapat taman wisata yang menyediakan permainan flying fox, wahana out bound untuk anak dan dewasa, perahu motor, sepeda air, taman bermain anak-anak, kolam renang dan kolam pancing, taman air, panggung hiburan, camping ground, dan juga kereta kelinci.

Bendung Gerak Watu Turi

Desa Gampeng, Kecamatan Gampengrejo
Kediri, Jawa Timur

0 komentar: