Situs Tondowongso

Situs TondowongsoSitus Tondowongso berjarak sekitar 8,6 km dariTetenger Mpu Barada. Tidak ada tanda-tanda manusia berjaga di sana, dan tampaknya memang tidak ada yang perlu dijaga, karena semua benda purbakala yang ditemukan di sana rupanya sudah dipindahkan.



Situs Tondowongso
Salah satu bekas galian yang sebagian terendam air hujan dan dibiarkan merana terpapar cuaca tropis yang kerap ekstrem.
Situs Tondowongso
Bekas galian yang dipagari dengan bilah-bilah bambu yang sudah terlihat kusam dimakan cuaca. Tidak jelas apa yang pernah ditemukan di dalam lubang yang sudah tidak berbentuk ini.
Situs Tondowongso ditemukan ketika beberapa penggali lahan uruk di Dusun Tondowongso, Desa Gayam, Kecamatan Gurah, Kediri, menemukan sebuah Arca Dewa Brahma pada 13 Januari 2007. Selanjutnya pada 18 Januari ditemukan lagi Arca Dewi Durga, isteri Shiwa, tidak jauh dari lokasi penemuan Arca Brahma.
Situs Tondowongso
Bekas galian lain yang telah tertutup rerumputan dan semak belukar. Di Situs Tondowongso ini juga ditemukan Arca Nandi pada 19 Januari 2007, serta Lingga Yoni pada 26 Januari tahun yang sama, serta beberapa buah patung lainnya.
Situs Tondowongso
Bekas situs galian purbakala lainnya yang dipagari dengan kawat berduri. Sayang sekali tidak ada tengara di bekas-bekas galian ini yang bisa memberi petunjuk bagi pejalan yang tersesat ke situs terbengkalai ini.
Situs Tondowongso
Struktur batuan yang menyerupai batu candi. Tim ekspedisi Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) dari Trowulan kabarnya telah memastikan bahwa Situs Tondowongso merupakan sebuah situs peninggalan Kerajaan Kadiri awal, yang diperkirakan dibangun pada abad XI.
Situs Tondowongso
Air yang telah tertutup rapat oleh gambut kehijauan menggenangi bekas situs galian purbakala Tondowongso. Tanpa penutup dan drainage yang baik, tidak bisa tidak bekas galian ini akan terendam air hujan dan terpapar oleh cuaca.
Situs Tondowongso
Lapangan terbuka dimana Situs Tondowongso berada, tempat ditemukannya sisa-sisa peninggalan Kadiri, yang merupakan kerajaan tertua di Jawa Timur, sebelum munculnya Singosari, dan Majapahit.
Tidak ada lagi yang bisa dilihat dan dinikmati di Situs Tondowongso ini. Selain arca-arca yang ditemukan di sana telah disimpan di Trowulan, tidak pula ada tanda-tanda, petunjuk atau informasi pada bekas galian yang dibiarkan terbengkalai dimakan waktu itu.

Situs Tondowongso

Dusun Tondowongso, Desa Gayam,
Kecamatan Gurah, Kediri, Jawa Timur
GPS: -7.79089, 112.14216

0 komentar: