Gardu Pandang Gajah Mungkur


Gardu Pandang Gajah MungkurGardu Pandang di Puncak Gajah Mungkur Gunung Kelud merupakan titik tertinggi yang bisa dicapai kebanyakan pengunjung untuk bisa menikmati panorama Kawasan Wisata Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur. Untuk mencapai Gardu Pandang Gajah Mungkur ini, kami mendaki sekitar 600 anak tangga dengan kemiringan yang cukup tajam, dan karenanya menguras tenaga lumayan banyak.


Gardu Pandang Gajah Mungkur
Pada foto di atas, Gardu Pandang Gajah Mungkur terlihat berada di sebelah kiri berwarna putih, berhadapan dengan Puncak Sumbing Gunung Kelud. Bangunan di tengah bawah adalah tempat rehat dan area parkir Kawasan Wisata Gunung Kelud. Di area ini juga terdapat Flying fox.
Gardu Pandang Gajah Mungkur
Sebuah papan tengara yang bisa ditemui pengunjung setelah melewati terowongan Gunung Kelud.

Gardu Pandang Gajah Mungkur
Puncak Gunung Kelud di latar belakang, dan puncak Anak Gunung Kelud di latar depan, diambil dari salah satu anak tangga menuju ke Gardu Pandang Gajah Mungkur.
Gardu Pandang Gajah Mungkur
Bukan hanya kemiringan dan banyaknya anak tangga yang membuat pendakian ke Gardu Pandang Gajah Mungkur ini menjadi sangat menantang, namun juga karena terpaan angin yang kadang cukup keras dari arah kanan, serta rasa gamang karena jurang berada di kiri kanan anak tangga.
Setiap kali kami berhenti untuk beristirahat, setiap kali pula muncul pikiran untuk tidak melanjutkan perjalanan yang terasa masih jauh. Namun setiap kali pula kami berhasil mengalahkan pikiran pecundang itu, dan tetap meneruskan langkah demi langkah menaiki anak tangga ke Gardu Pandang Gajah Mungkur, meskipun kami lupa membawa bekal air minum.
Gardu Pandang Gajah Mungkur
Inilah Gardu Pandang di Puncak Gajah Mungkur Gunung Kelud. Sederhana memang, namun lumayanlah untuk sekadar berteduh dari sengat matahari. Angin bertiup sangat kencang di Gardu Pandang Gajah Mungkur ini, membuat saya yang tidak suka terpaan angin menjadi blingsatan, sia-sia mencari perlindungan yang tidak ada.
Ada perasaan puas dan lega, memang, ketika berhasil menaklukkan kekhawatiran diri dan akhirnya mampu menjejakkan kaki di Gardu Pandang Gajah Mungkur ini.
Gardu Pandang Gajah Mungkur
Gundukan pada foto di atas adalah titik tertinggi di Puncak Gajah Mungkur, yang berada hanya beberapa meter dari Gardu Pandang Gajah Mungkur.
Gardu Pandang Gajah Mungkur
Jalan yang mengular di pinggang pegunungan Kelud dilihat dari Gardu Pandang Gajah Mungkur.
Gardu Pandang Gajah Mungkur
Puncak Sumbing Gunung Kelud dilihat dari Gardu Pandang Gajah Mungkur.
Gardu Pandang Gajah Mungkur
Puncak Anak Gunung Kelud dilihat dengan lensa tele dari Gardu Pandang Gajah Mungkur.
Gardu Pandang Gajah Mungkur
Di sekeliling area Gardu Pandang Gajah Mungkur terdapat pagar pengaman seperti tampak pada foto di atas. Foto diambil dari gundu tertinggi Puncak Gajah Mungkur.
Gardu Pandang Gajah Mungkur
Sanusi, yang berbaik hati menggembol tas kamera saya yang cukup berat, dan Ijun terlihat berjalan menuruni Gardu Pandang Gajah Mungkur, dengan pemandangan Anak Gunung Kelud di latar belakang.
Gardu Pandang Gajah Mungkur
Menuruni anak tangga Gardu Pandang Gajah Mungkur di Gunung Kelud ini tetap saja memerlukan kehati-hatian, karena tingkat kemiringannya yang cukup tajam.
Gardu Pandang Gajah Mungkur
Jika anda perhatikan besi-besi pada pagar, maka akan terlihat ada sebuah pegangan besi yang telah patah. Karenanya berhati-hatilah ketika sedang naik, karena seorang teman yang berpegangan pada pagar besi itu ketika tengah naik, jantungnya serasa copot ketika mendapati tangannya memegang udara kosong. Semoga pengelola segera memperbaikinya, karena pegangan yang rusak ini dijumpai di beberapa titik, dan bisa membahayakan pengunjung.
Gardu Pandang Gajah Mungkur
Menuruni anak tangga Gardu Pandang Gajah Mungkur sangatlah menyenangkan, karena bisa dilakukan sambil menikmati pemandangan pegunungan Kelud yang indah. Ketika naik, mata lebih terfokus pada deretan anak tangga yang seolah-olah tak berujung, dan pikiran pun selalu sibuk dengan pertanyaan seberapa lama lagi penderitaan pendakian itu akan berakhir. Kenikmatan memang sering diperoleh setelah terlebih dahulu bersusah payah.

Gardu Pandang Gajah Mungkur

Kawasan Wisata Gunung Kelud
Kediri, Jawa Timur
GPS: -7.93738, 112.29867

0 komentar: