Keong Mas (Kediri - Jawa Timur) V.3

Keong Emas adalah salah satu cukilan dari lakon cerita panji. Cerita panji sangat melekat di kalangan masyarakat Jawa Timur dan Jawa Tengah. Selain Keong Emas, dikenal pula cerita panji seperti : Ande-Ande Lumut atau Golek Kencono. Cerita ini telah hidup sejad berabad-abad yang lalu.

Versi 3


Pangeran Raden Putra menikah dengan seorang putri bernama Dewi Limaran. Suatu hari, ketika Dewi Limaran sedang berjalan di taman istana, ia melihat seorang bekicot di antara bunga-bunga yang indah dan ia salah seorang pelayan memungutnya dan membuangnya. Bekicot itu sebenarnya penyihir tua yang telah menyamar sebagai siput. Penyihir sangat marah, sehingga ia mengutuk Dewi Limaran dan berubah menjadi bekicot emas dan melemparkannya ke dalam sungai. Sungai membawanya jauh dari istana.

Di sisi hutan besar, hiduplah seorang janda miskin. Tamunya hanya memancing. Suatu hari itu adalah hari yang sangat buruk karena ia tidak menangkap ikan. Lagi dan lagi ia merentangkan jaring, tapi tidak terjebak ke dalamnya. Akhirnya ia berhenti di net untuk pulang. Tiba-tiba dia melihat sesuatu yang bersinar di bagian bawah itu. Hanya siput. Namun ia mengambilnya dan membawanya pulang. Cangkangnya bersinar seperti emas wanita tua belum pernah melihat yang seperti bekicot sebelumnya.

Di rumah, ia memasukkannya ke dalam pot tanah. Dia kemudian pergi ke tempat tidur dan segera tertidur lelap ketika ia sangat lelah. Keesokan paginya ketika ia terbangun, ia menemukan ke heran bahwa lantai sudah disapu bersih dan ada beberapa makanan di meja. Dia bertanya-tanya siapa yang melakukan semua ini. Dia pikir dia sedang bermimpi, tapi ia tidak. Dia berpikir dan berpikir tapi tidak bisa memikirkan siapa pun yang bisa begitu murah hati padanya.

Beberapa hari berlalu .... ... .. Dia kemudian mendapat ide. Keesokan paginya dia membawa keranjang dan pergi keluar seperti biasa, tapi tak lama ia kembali ke gubuk dan menyembunyikan dirinya sendiri. Tiba-tiba dia mendengar gerakan lembut di dalam panci tanah dan melihat siput yang merangkak keluar dari itu. Itu tumbuh lebih besar dan lebih besar dan dalam sekejap gadis muda yang cantik berdiri di mana telah bekicot. Shell kosong jatuh ke tanah di belakangnya. Cepat gadis muda menyapu lantai. Lalu dia mengambil nasi, sayuran, daging, telur dan lain-lain keluar dari panci dan mulai memasak.

Ketika perempuan tua itu melihat semua ini, dia menyadari bahwa itu bukan bekicot biasa ia tertangkap, tetapi orang yang hidup di bawah mantra, dan ia tahu apa yang harus ia lakukan untuk melanggarnya.

Diam-diam ia merayap kerang yang kosong, mengambilnya, dan kemudian bergegas keluar dari pondok untuk membuangnya ke sungai. Sekarang dia telah melanggar hanya sebagian dari mantra, dan sisanya masih harus patah sebelum ia bisa kembali kepada suaminya.
Gadis muda kemudian membuat dirinya diketahui wanita tua itu.

"Aku akan berdoa kepada para dewa bahwa mungkin pangeran menuju tempatnya," kata wanita tua itu.

Bertahun-tahun berlalu ... ....

Raja membujuk anaknya untuk mencari pengantin lain, tapi pada awalnya Pangeran Raden Putra menolak karena dia tidak bisa meninggalkan istrinya. Pada akhirnya, bagaimanapun, sang pangeran bertanya kepada ayahnya kalau ia bisa pergi keluar untuk mencari pengantin, tapi satu yang sedang seseorang yang mirip mantan istri. Seorang pelayan yang setia menemaninya dalam perjalanannya.

Mereka pergi dari kota ke kota dan dari desa ke desa sampai suatu hari sedang melakukan perjalanan melalui hutan besar dan mereka tersesat. Akhirnya para pria datang ke sungai besar dan tidak jauh dari itu mereka melihat sebuah gubuk. Mereka lalu pergi ke situ untuk meminta makanan dan minuman ketika mereka lapar, haus dan mati lelah. Wanita tua menyambut mereka dengan hangat. Raden Putra menemukan makanan dilayani oleh perempuan tua yang sangat baik. Dia mengatakan bahwa putrinya telah disiapkan itu. Raden Putra kemudian bertanya apakah ia akan bertemu dan berterima kasih putrinya. Wanita tua itu tidak keberatan dan memanggil putrinya untuk keluar. Gadis muda muncul dan berlutut di hadapan Raden Putra dengan kepala menunduk.

Ketika Raden Putra melihatnya, ia menarik napas dalam kejutan besar sebagai gadis muda tampak persis seperti putri mantan istrinya Dewi Limaran. "Kau adalah pengantin aku cari!" Ia berteriak. Tapi gadis itu menggelengkan kepala dan mengatakan bahwa dia sudah berjanji: bila seorang pria ingin menikahinya, ia harus mendapatkan gamelan suci dari langit yang bisa membuat musik tanpa disentuh.

Raden Putra bersedia untuk mencoba dan pergi ke dalam hutan. Dia kemudian berpuasa dan bermeditasi. Setelah seratus hari para dewa mendengar dan mengabulkan keinginannya.

Pada hari pernikahan mereka suci memainkan gamelan musik surgawi. Hal ini begitu indah sehingga setiap orang yang mendengarnya merasa lebih bahagia daripada sebelumnya.

Gadis muda daripada mengungkapkan rahasianya, bahwa dia adalah Dewi Limaran sendiri. Musik gamelan telah memusnahkan mantra penyihir jahat.

Wanita tua telah diundang untuk tetap tinggal di tempat itu. Sekarang dia memiliki semua yang ia inginkan dan kesedihan telah meninggalkan dia selamanya.

Seperti dituturkan oleh Ibu Kusamadewi

0 komentar: