Monumen Kediri SYU

Monumen Kediri SyuMonumen Kediri Syu berada di sebuah bundaran kecil di Jl. Jaksa Agung Soeprapto, Kediri, Jawa Timur, di depan bekas Rumah Dinas Residen Kediri yang kami kunjungi beberapa saat sebelumnya. Monumen Kediri Syu berupa sebuah patung pria berukuran besar yang mengenakan seragam model tentara Jepang, serta seekor burung garuda dengan sayap terkembang bertengger tidak jauh di atasnya.

Syu adalah merupakan bentuk pemerintahan tertinggi di Jawa setingkat karesidenan yang digunakan semasa pendudukan balatentara Jepang di Indonesia, selama berlangsungnya Perang Pasifik.
Monumen Kediri Syu
Inilah Monumen Kediri Syu. Patung pria yang mengenakan seragam PETA (Pembela Tanah Air) berwarna kuning keemasan itu berdiri tegak dan gagah, dengan pestol di pinggang dan dengan tangan kanan mengembang ke samping memegang sebilah keris lekuk tiga yang terhunus miring di depan dada.
Monumen Kediri Syu
Monumen Kediri Syu ini tampaknya memang dibuat untuk mengenang keberadaan dan jasa-jasa pasukan Pembela Tanah Air (PETA) yang berada di wilayah Karesidenan Kediri di jaman Jepang dan pada saat revolusi fisik masih berlangsung.
Di latar belakang adalah Gereja Merah (Gereja Protestan Barat) Kediri, sebuah Benda Cagar Budaya Kota Kediri. Nama asli bangunan ini adalah Kerkeeraad Der Protestanche Te Kediri, yang dibangun oleh Pendeta JA Broers pada tahun 1904. Gereja ini menyimpan kitab injil berbahasa Belanda yang dicetak pada tahun 1867.
Monumen Kediri Syu
Salah satu sudut Taman Sekartaji, yang berada di sisi jalan, di seberang Monumen Kediri Syu. Taman ini cukup asri dan menyejukkan pandangan bagi para pejalan yang lewat di depannya.
Monumen Kediri Syu
Kota Kediri yang cukup panas tampaknya memerlukan lebih banyak taman-taman kota seperti Taman Sekartaji ini. Sebuah kafe dengan sebagian tempat duduknya berada di luar, di bawah payung-payung terpal, mungkin perlu dibangun di sini, dengan pemandangan ke arah Monumen Kediri Syu.
Monumen Kediri Syu
Mungkin saja saya tidak menemukannya, namun sebuah prasasti perlu dibuat di sekitar Monumen Kediri Syu ini, yang memuat tulisan berisi riwayat singkat Kediri Syu, yang terdiri dari Daidan I di Tulungagung, Daidan II di Blitar, dan Daidan III di Kediri.
Monumen Kediri Syu
Keindahan dan jiwa sebuah kota memang tidak diukur dari jumlah dan kemegahan mal serta bangunan modern yang berada di kota itu, namun pada karya seni, benda, bangunan dan monumen bersejarah semacam ini yang membuat penduduknya selalu ingat pada akar sejarah dan budayanya, dan memberi keunikan bagi para pejalan yang tidak mereka temui di tempat-tempat lain yang pernah dan akan dikunjungi.

Monumen Kediri Syu

Jl. Jaksa Agung Soeprapto,
Kediri, Jawa Timur

0 komentar: