Kali Brantas


Kali Brantas

Sebuah jembatan yang melintang di atas Kali Brantas, berhias deretan lampu dengan tiang berpuncak kuntum bunga dan berornamen klasik. Iklan sebuah merk rokok asli Kediri yang keberadaannya begitu penting bagi ekonomi setempat ikut menghias jembatan Kali Brantas.
Kali Brantas
Sebuah pulau hijau rimbun di tengah Kali Brantas, sementara di sebelahnya sekelompok orang tengah menambang pasir Kali Brantas; sebuah kegiatan yang dilakukan di banyak tempat di sepanjang aliran Kali Brantas yang tampaknya sampai tahun lalu masih kurang terkontrol dan menimbulkan kerusakan pada tanggul, tebing sungai dan bantaran Kali Brantas.
Kali Brantas
Tiang-tiang jembatan Kali Brantas. Mata air Kali Brantas ini berada di Desa Sumber Brantas, Batu, kemudian mengalir ke daerah Malang, Blitar, Tulungagung, Kediri, Jombang, Mojokerto. Di Mojokerto Kali Brantas terbelah dua manjadi Kali Mas yang mengalir ke arah Surabaya dan Kali Porong yang mengalir ke arah Porong, Sidoarjo.
Kali Brantas
Sayang sekali tepian Kali Brantas yang seharusnya hijau indah, terlihat kotor dengan ceceran sampah yang terserak dimana-mana.
Pada abad ke 8, di sekitar Kali Brantas telah berdiri sebuah kerajaan bernama Kanjuruhan, yang mewariskan Candi Badut dan prasasti Dinoyo bertarikh 760 M, yang memanfaatkan aliran Kali Brantas untuk mengairi daerah persawahan dan perkebunan subur yang menjadi pilar ekonomi kerajaan agraris ini.
Kali Brantas
Sebuah pohon rindang di tepian Kali Brantas menjadi sangat penting di kota yang relatif panas ini, dan menjadi tempat strategis bagi pedagang kaki lima untuk menjaring pelanggan. Prasasti Harinjing yang ditemukan di Pare, bertarikh 726 Saka atau 804 M dan 849 Saka atau 927 M menyebutkan dibangunnya saluran air dan tanggul yang disebut dawuhan pada anak sungai Kali Konto, yaitu Kali Harinjing. Kali Konto adalah salah satu anak sungai Kali Brantas.
Kali Brantas
Menara dan kubah sebuah masjid terlihat di latar belakang Kali Brantas yang airnya mengalir tenang. Kali Brantas rupanya sangat penting bagi ekonomi Jawa Timur, karena kabarnya 60% produksi padi Jawa Timur berasal dari areal persawahan di sepanjang daerah aliran Kali Brantas ini.
Sayang sekali karena terjadinya pendangkalan dan debit air yang terus menurun, Kali Brantas tidak bisa dilayari lagi oleh kapal besar. Pendangkalan terjadi karena Kali Brantas melingkari Gunung Kelud dan Gunung Semeru di bagian hulunya, sehingga banyak bahan vulkanik yang masuk ke dalam aliran Kali Brantas ini.

Kali Brantas
Seorang pria tengah menggembalakan kambingnya di rerumputan di tepian Kali Brantas. Sementara sampan-sampan para penambang pasir tampak berada di kejauhan.
Kali Brantas
Tepian Kali Brantas yang terlihat telanjang tanpa ada yang melindunginya dari kikisan air. Di sepanjang aliran Kali Brantas dan anak-anak sungainya ini terdapat beberapa bendungan besar, diantaranya adalah Bendungan Bening, Bendungan Lahor, Bendungan Sengguruh, Bendungan Serut, Bendungan Sutami, Bendungan Selorejo, dan Bendungan Wlingi.

Jembatan Kali Brantas

GPS: -7.81362, 112.00690

0 komentar: