Gua Surowono


Gua SurowonoGua Surowono merupakan sebuah gua atau lorong bawah tanah yang di dalamnya mengalir sebuah sungai yang airnya sangat jernih. Gua Surowono ini berada di Desa Canggu, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, yang konon merupakan sistem kanal, bagian dari Candi Surowono, yang telah ada sejak jaman Kerajaan Kediri.

Setelah meninggalkan Candi Surowono, kami mengarah ke barat sejauh 280 meter dan berbelok ke kanan pada sebuah pertigaan. Setelah menyusuri jalan sejauh 450 meter, kami berbelok lagi ke kanan di pertigaan pada GPS: -7.742187,112.216761, lalu berhenti di sebuah rumah dengan penanda sederhana bertuliskan Gua Surowono. Setelah turun dari kendaraan, kami pun berjalan kaki melalui jalan setapak di samping rumah dan beberapa saat kemudian sampailah kami di lokasi lubang Gua Surowono, pada GPS: -7.74240, 112.21720.
Gua Surowono
Sebuah papan yang berisikan “Tata Tertib’ dengan tulisan tangan bagi para pengunjung Gua Surowono dengan isi yang cukup menggelitik, namun patut dibaca, terutama informasi yang berhubungan dengan keselamatan para pengunjung.
Gua Surowono
Lubang masuk ke Gua Surowono ini berada di sebuah sumur yang berada sekitar 5 meter di bawah permukaan tanah dengan genangan air jernih setinggi perut. Di atasnya terdapat gerumbul pohon bambu yang menaungi jalan masuk ke Gua Surowono itu.
Gua Surowono
Jalan setapak menuju pintu sumur Gua Surowono yang cukup curam, dan tampaknya cukup licin di musim penghujan.
Gua Surowono
Sebuah susunan batu hitam pada dasar sumur di pintu masuk Gua Surowono yang bisa digunakan sebagai tempat duduk sementara. Tetes-tetes air mengalir dari mata air di tebing lubang sumur ini.
Gua Surowono
Pintu masuk ke lorong Gua Surowono tampak ditutup pagar besi. Memasuki lorong Gua Surowono ini memang harus dipandu oleh penjaga, karena terdapat percabangan lorong yang bisa membuat orang tersesat di dalamnya.
Gua Surowono ini sangat sempit, dan hanya bisa dilalui orang satu per satu dengan cara berjalan beriringan. Tidak ada seorang pun diantara kami yang ingin mencoba masuk ke dalam gua itu, selain karena harus mencebur ke dalam air, sempitnya lubang gua juga membuat perasaan menjadi agak tidak nyaman.
Namun menurut penuturan penjaga, banyak yang telah dipandunya masuk ke dalam lorong Gua Surowono itu, dengan berbekal senter dan alas kaki, karena di bawah air Gua Surowono terdapat bebatuan yang bisa melukai telapak.
Memasuki lubang Gua Surowono yang pertama ini pengunjung masih bisa berjalan tegak di dalam lorong, namun berlanjut pada lubang Gua Surowono yang kedua pengunjung harus berjalan dengan cara berjongkok karena langit-langit gua yang rendah. Memasuki lubang Gua Surowono yang ketiga, pengunjung harus berjalan sambil duduk, dan pada lubang Gua Surowono yang keempat pengunjung harus merangkak atau berenang. Jarak antara lubang sumur Gua Surowono ini berkisar antara 50 – 60 meter.
Gua Surowono
Mata air yang menetes ke dalam sumur pada lubang masuk Gua Surowono yang tampaknya tak pernah kering.
Gua Surowono
Jika berkunjung ke Candi Surowono, sebaiknya anda mampir juga ke Gua Surowono ini, dimana jarak keduanya hanya sekitar 750 meter. Bawalah juga baju ganti jika ingin merasakan pengalaman memasuki lorong Gua Surowono yang pasti akan sangat berkesan ini.

Gua Surowono

Desa Canggu, Kecamatan Pare,
Kabupaten Kediri, Jawa Timur
GPS: -7.74240, 112.21720

0 komentar: