Air Terjun Dolo


 

Air terjun Dolo berada di bagian timur lereng gunung Wilis (2.850m) dengan ketinggian 1800 m dpl.  Tumpahan airnya terbagi tiga bagian dimana bagian yang paling tinggi sekitar 125 m dan dibawahnya sekitar 2-5 m. Debit air yang dicurahkan tidaklah terlalu besar, namun cukup menarik untuk dinikmati.
Air terjun ini terletak 4 Km dari Air Terjun Ironggolo dengan melewati hutan perawan yang sangat menantang.  Air terjun ini termasuk jarang dikunjungi oleh wisatawan, hal ini dikarenakan lokasinya yang terbilang jauh dan susah untuk menuju kesana. Namun saat ini, pemerintah kabupaten Kediri telah membangun sarana jalan yang mulus untuk menuju lokasi air terjun, baik dari arah kota Kediri maupun dari arah Ponorogo, berupa jalan tembus.
Lokasi

Terletak di Dusun Besuki, Desa Jugo  Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Propinsi Jawa Timur.

Peta dan Koordinat GPS: 7°52'10"S  111°50'5"E
 
Aksesbilitas

Berjarak kurang lebih 25 Km dari pusat kota Kediri ke arah barat menuju Besuki melalui Puhsarang, Kecamatan Semen. Akses ini merupakan jalan yang hanya menuju ke air terjun Dolo yang berliku-liku.  Setelah itu dilanjutkan sekitar 4 km hingga di tiitik pemberhentian akhir kendaraan di area parkir.

Jika dari pintu kekuar Air Terjun Irenggolo ambil belokan ke kiri.  Ketika sampai di pertigaan selanjutnya ambil jalan yang ke kanan.  Ikuti jalan tersebut sampai tidak ada jalan lagi, karena ujung jalan ini merupakan lokasi parkir (pemberhentian akhir kendaraan).  Kondisi jalan ini sudah cukup lebar dan mulus, akan tetapi di beberapa bagian jalan sering terjadi longsor.

Dari area parkir kendaraan perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menurun lebih kurang 750 m menuju tempat air terjun berada. Turunan tersebut melalui anak tangga yang jumlahnya ada ratusan, membutuhkan waktu sekitar 10 menit dari tempat parkir menuju air terjun tersebut.

Tiket dan Parkir

Tiket masuk adalah  Rp.3000 per orang.

Fasilitas dan Akomodasi

Akses jalan raya, tempat parkir, mushola dan beberapa kantin kecil sudah tersedia di sana.  Beberapa Vila juga tersedia pula.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

membaca seluruh blog, cukup bagus